Menu Close

9 Mitos Tentang Kurma Muda yang Harus Diluruskan

Bismillahirrohmanirrohiim…

By: Ummu Ajwa (Pegiat Kurma, Founder Komunitas Promil Kurma)

Warna-warni Kurma Muda (icipin.com)

Menikah bagi saya menjadi sebuah momen hidup yang penuh keajaiban, kebahagiaan, dan tantangan. Sebab dari menikah, sang buah hati dan cinta dapat hadir ke dunia. Bersamanya kita dapat membangun asa dan harapan di dunia akhirat. (Ummu Ajwa)

Dengan penuh perasaan sebagai seorang istri dan juga ibu, saya mendedikasikan artikel ini untuk para bunda dan para sahabat saya yang masih berproses memiliki momongan dan ingin mengenal lebih dalam soal kurma muda. Mudah-mudahan artikel ini bisa menjadi amal jariyah ๐Ÿ™‚ Aamiin ya Rabb.

Perjuangan untuk mendapatkan buah hati begitu banyak di Indonesia. Baik secara medis, spiritual, tradisional, hingga herbal. Di Indonesia metode promil kurma muda begitu booming. Bahkan jika kita cari di mesin pencari atau e-commerce, begitu banyak para pedagang online yang menjual kurma muda mulai dari harga Rp. 80,000 hingga 400,000. Info dari salah satu importir kurma muda dari Saudi yang saya kenal, ia per minggunya bisa mendatangkan kurma muda secara rutin mulai dari 500kg sampai dengan 2 ton via cargo. Artinya, permintaan kurma muda di Indonesia sangat tinggi dan begitu ‘diyakini’. Ditambah, daya beli masyarakat Indonesia yang juga tinggi karena rela mengeluarkan uang ratusan ribu untuk kurma muda ini.

Semenjak bergelut di dunia kurma dari tahun 2014, muncul keprihatinan saya melihat banyak para pedagang kurma, khususnya kurma muda mengklaim segudang manfaat kurma muda bagi kesuburan. Tapi uniknya, jarang yang mengutip ahli atau sumber medis atau kesehatan yang jelas. Bahkan ada yang memasang judul artikel “Manfaat Kurma Muda Kering”, saat saya buka antara judul dengan artikel tidak sinkron sama sekali. Seperti main copas. Maaf. Isinya disebutkan bahwa kurma mentah hijau yang dikeringkan mengandung vitamin C. Yang saya ketahui, kurma muda/basah merah/kuning/pirang yang mengandung vitamin C. Bukan kurma hijau kering ataupun kurma dikeringkan (tamr). Saya bergumam mengapa begitu berani membuat klaim ya, padahal itu adalah sesuatu yang akan dikonsumsi dan dicerna tubuhย 😅.

Contoh Kurma Muda Yang Dikeringkan

Baiklah, lanjut ke poin utama artikel ini. Saya akan membahas 9 kekeliruan yang kerap diklaim terkait kurma muda.

1. Kurma Muda sama dengan Ruthob?

Tidak benar. Kurma muda adalah kurma yang sebenarnya memasuki fase ‘kurma tua’ atau Al-Busr (kurma yang kurang lebih berusia 120 hari) dalam Bahasa Arab. Kurma muda (sebutan awam) biasanya berwarna kuning, merah, atau pirang. Rasanya sedikit manis. Cukup sepat. Saat digigit itu berbunyi kress dan sensasinya sangat segar. Ada yang bilang teksturnya mirip seperti apel atau jambu.

Sedangkan, ruthob (Ar-Ruthob dalam Bahasa Arab) adalah kurma matang atau kurma basah yang berusia 150 hari. Warnanya kuning kecokelatan atau merah kecokelatan. Rasanya luar biasa manis dan lumer saat digigit.

index
Sumber: organikilo.co

 

2. Kurma Muda (yang kencang) lebih baik/manjur daripada Ruthob (kurma basah/matang)?

Tidak benar. Tidak ada satupun riset dan pendapat ahli kesehatan yang menyebutkan bahwa kurma muda lebih baik daripada ruthob (kurma matang). Justru dalam Qur’an dan Sunnah secara eksplisit disebutkan bahwa kurma dianjurkan untuk dikonsumsi pada fase Ar-Ruthob (kurma matang). Berbeda dari Indonesia, di Timur Tengah sendiri ruthob diyakini untuk kesuburan dari pada kurma muda (busr) atau kurma kering (tamr).

Pertama, Ruthob adalah fase terbaik untuk wanita yang hendak bersalin.

ูˆูŽู‡ูุฒู‘ููŠ ุฅูู„ูŽูŠู’ูƒู ุจูุฌูุฐู’ุนู ุงู„ู†ู‘ูŽุฎู’ู„ูŽุฉู ุชูุณูŽุงู‚ูุทู’ ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒู ุฑูุทูŽุจู‹ุง ุฌูŽู†ููŠู‘ู‹ุง

Dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu kearahmu, niscaya pohon itu akan mengugurkan buah kurma yang masak kepadamu.” (Q.S. Maryam ayat 25)

Kedua, Ruthob adalah fase terbaik untuk orang berbuka puasa.

 

ุนูŽู†ู’ ุฃูŽู†ูŽุณู ุจู’ู†ู ู…ูŽุงู„ููƒู ู‚ูŽุงู„ูŽ: ูƒูŽุงู†ูŽ ุงู„ู†ูŽู‘ุจููŠูู‘ ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ูŠููู’ุทูุฑู ู‚ูŽุจู’ู„ูŽ ุฃูŽู†ู’ ูŠูุตูŽู„ูู‘ูŠูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฑูุทูŽุจูŽุงุชูุŒ ููŽุฅูู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ุชูŽูƒูู†ู’ ุฑูุทูŽุจูŽุงุชูŒ ููŽุชูู…ูŽูŠู’ุฑูŽุงุชูŒุŒ ููŽุฅูู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ุชูŽูƒูู†ู’ ุชูู…ูŽูŠู’ุฑูŽุงุชูŒ ุญูŽุณูŽุง ุญูŽุณูŽูˆูŽุงุชู ู…ูู†ู’ ู…ูŽุงุกู

โ€œDari Anas bin Malik, ia berkata : Nabi Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam biasa berbuka puasa sebelum shalat dengan ruthab (kurma basah), ย jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering), dan jika tidak ada tamr, beliau meminum seteguk air.โ€ (H.R. Ahmad dan Abu Dawud).

Lalu mengapa di Indonesia lebih terkenal kurma muda daripada ruthob? Hal ini akan saya bahas di poin ke-5.

 

3. Kurma Muda (yang kencang) dan Ruthob lebih baik daripada Kurma Kering (Tamr)?

Tidak benar.ย Baik kurma muda, ruthob, dan tamr memiliki keunggulan nutrisi masing-masing. Sederhananya, kurma muda atau ruthob memiliki vitamin C yang tinggi daripada kurma kering dan lebih natural karena tidak dikeringkan serta bagus untuk orang yang diet dan diabetes. Sedangkan tamr, memiliki keunggulan sebagai asupan dengan nutrisi kompleks yang baik untuk stamina dan energi karena kandungan gulanya yang tinggi. Meskipun demikian, orang diet dan diabetes tetap boleh mengonsumsi kurma kering namun dengan jumlah butir maksimal 5 per hari.

Bahkan ditemukan dalam hadist secara spesifik disebutkan keutamaan tamr jika disandingkan dengan makanan lain. โ€œRasulullah Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam pernah mengunjungi kami, maka kami hidangkan kepada beliau, keju dan kurma kering, sedangkan beliau Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam sangat menyukai keju dan tamr (kurma kering).โ€ (H.R. Abu Dawud dan Ibnu Majah).

Menurut Imam Ibnul Qayyim, zubdah (keju) berfungsi melunakkan tinja, melemaskan syaraf dan kebengkakan yang terjadi pada kantung empedu dan kerongkongan. Namun keju menimbulkan rasa mual karena kandungan lemak dan proteinnya yang tinggi. Zat ini dapat diminimalisir jika dikombinasikan dengan makanan yang manis namun rendah lemak seperti madu atau kurma.

 

4. Kurma Muda dibagi menjadi 3 kelompok yaitu merah, kuning, dan hijau?

Ada benarnya namun kurang tepat. Pengelompokan kurma muda berdasarkan warna adalah pengetahuan awam yang telah beredar di masyarakat kita. Sebenarnya kurma muda yang masuk ke Indonesia paling banyak berjenis Barhi (warna kuning), Zaghlol (warna merah), dan Samani (warna pirang). Negara yang mengekspor kurma muda paling sering adalah Arab Saudi dan Mesir. Kurma muda yang berwarna hijau adalah kurma mentah yang belum berubah warnanya menjadi ketiga warna tersebut.

fruitlinkco.com

 

5. Kurma Muda untuk mempercepat hamil?

Belum tentu benar. Ada tiga alasan mengapa kurma muda ‘kerap’ mempercepat kehamilan.

Pertama, kandungan kurma muda memiliki keunggulan lebih higienis, segar dan natural daripada kurma yang dikeringkan. Kandungan serat dan kadar air di kurma muda juga tinggi. Agar lebih jelas silahkan buka linkย https://juragankorma.com/benarkah-kurma-muda-untuk-hamil-bag-1/ untuk mengetahui keunggulan nutrisi dalam kurma muda daripada kurma yang dikeringkan (tamr).

 

Kedua, sebagai sociological medicine. Artinya, secara klinis belum teruji (belum ada risetnya) bahkan tidak diterima secara medis, namun secara eksperimental atau kejadian di masyarakat banyak yang berhasil. Jika di Indonesia paling terkenal untuk kesuburan adalah kurma muda, maka di Timur Tengah khususnya sejak Mesir Kuno malah lebih mempercayai serbuk kurma (datepalm pollen/pollen kurma) sebagai obat untuk kesuburan.

Adapun dalam dunia medis mungkin saja terjadi efek plasebo. Maksudnya sebuah penanganan atau pengobatan yang diterapkan kepada pasien yang sebenarnya tidak memiliki efek apapun namun bertujuan untuk mengontrol harapan pasien. Meskipun ini adalah hipotesis saya yang mana bukan berarti kurma muda tidak memiliki pengaruh sama sekali terhadap kesuburan, namun perlu adanya penelitian lebih lanjut di dunia medis terkait hal ini.

Ketiga, bi’idznillah (atas izin Allah ta’ala) apapun usaha yang dilakukan untuk promil tidak mungkin bisa berhasil jika Allah tidak mengizinkan. Kalau saat ini belum ada riset medis yang membuktikan kurma muda terbukti mempercepat kehamilan, namun kurma adalah buah yang paling banyak disebutkan dalam Qur’an sebanyak 21 kali. Tentunya Allah memiliki maksud mengapa kurma ini banyak dicantumkan. Menurut saya, tidak ada salahnya menjalani metode #promilkurma sebagai salah satu bentuk ikhtiar dan mungkin bisa menjadi alternatif bagi mereka yang mungkin ingin kembali ke sunnah (karena sesederhana mendekatkan diri kepada Allah disertai kebiasaan makan kurma, satu-satunya buah/makananan yang paling sering dikonsumsi Rasullullah). Mudah-mudahan meski belum ada penelitiannya, Allah mencatat ikhtiar kurma sebagai pahala karena membiasakan makan makanan sunnah.

Silahkan baca link artikel kami lainnya yang menjawab mengapa ada seorang ibu yang sudah mengonsumsi kurma muda pun masih belum hamil. https://juragankorma.com/benarkah-kurma-muda-untuk-hamil-bag-2/ Wallahu โ€˜alam.

 

6. Kurma Muda hijau paling manjur maka harganya pun paling mahal?

Tidak benar.ย Sebelumnya silahkan tonton video Ust. Khalid Basalamah berikut yang membahas tentang kurma https://www.youtube.com/watch?v=QqXfPPSRVSQ&t=1s . Dalam video tersebut (menit 3:43) beliau menjelaskan bahwa tidak ada satupun penelitian yang menjelaskan dan mengkhususkan kurma muda hijau untuk kesuburan. Masyarakat di Timur Tengah sendiri pun tidak mengonsumsi kurma muda hijau karena rasanya yang sangat sepat dan dianggap belum maksimal nutrisinya bagi manusia.

Dulu Juragan Korma pun sempat menjual kurma muda hijau, tetapi saat meneliti dan mengkaji lebih dalam dan memang belum ada bukti ilmiahnya, kami pun berhenti menjual kurma muda hijau. Sebab Juragan Korma hanya berani menjual kurma yang memang sudah teruji dan terpercaya. Semoga juga para pedagang kurma di luar sana juga peduli terhadap hal ini.

 

7. Kurma Muda Merah untuk kenjantanan (pria) dan Kurma Muda Kuning khusus untuk kesuburan rahim (wanita)?

Tidak benar. Belum dan tidak ada riset yang secara spesifik menjelaskan kurma muda merah paling baik untuk pria dan kurma muda kuning paling baik untuk wanita. Diversifikasi warna pada kurma hanya merujuk kepada perbedaan jenis saja, bukan khasiat. Untuk itu, jika ada pedagang yang menawarkan keunggulan dan kekhususan dari masing-masing warna, mintalah pembuktian ilmiah dari pedagang tersebut.

Yang paling banyak dijual di Timur Tengah sendiri adalah warna kuning atau jenis Barhi karena memang jenis ini yang paling manis dan paling lezat saat dikonsumsi pada fase kurma muda dan ruthob daripada dua jenis lainnya.

 

8. Cara makan Kurma Muda adalah dengan bilangan ganjil?

Benar. Murajja bin Raja mengatakan, โ€œUbaidillah pernah memberitahukan kepadaku, dimana ia menceritakan, Anas bin Malik pernah memberitahukan kepadaku, dari Nabi Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bahwa beliau makan kurma itu dalam jumlah yang ganjilโ€ (H.R. Bukhari dan Ibnu Majah).

Dari lafazh hadist ‘tamarat’ artinya kurma dalam bentuk jamak, bukan satu atau dua tapi lebih dari dua. Oleh karena itu dianjurkan makan kurma sejumlah tiga, lima, tujuh, sembilan, ataupun sebelas. Terpenting ganjil lebih dari dua namun tidak pula berlebihan.

Adapun hadist lain berbunyi “Barang siapa yang sarapan dengan tujuh butir Kurma Ajwah, maka tidak berbahaya baginya pada hari itu racun maupun sihir“. (H.R. Buhkari).

Ditinjau dari sisi medis, jika 7 butir kurma itu setara dengan 100 gram berat dagingnya maka Anda akan memperoleh 248 kalori atau setara dengan sarapan ideal.

 

9. Ada doa khusus makan Kurma Muda, baik untuk promil atau tidak?

Tidak benar. Tidak ada doa khusus untuk memakan kurma baik untuk promil ataupun tidak. Rasulullah hanya menyontohkan makanlah dengan yang halal dan thoyyib, salah satunya kurma. Adapun adab dan doa saat makan kurma sama seperti saat makan makanan lain, yaitu dengan menggunakan tangan kanan, sambil duduk, dan mengucapkan basmallah.

Sekian artikel dari saya, mohon maaf jika ada kekurangan. Semoga kita bisa menjadi muslim yang biasa mengonsumsi kurma dengan niat memperoleh pahala. Semoga dapat bermanfaat untuk para pedagang kurma di Indonesia agar semakin memahami atas informasi produk yang dijual. Wallahu ‘alam..

Salam, sehat sesungguhnya.

Salam, Ummu Ajwa


DILARANG copy-paste tanpa izin atau tidak menyertakan sumber www.juragankorma.com. Jika ditemukan, maka akan kami tindaklanjut secara tegas. (JKI copyrighted).

Sumber:

https://almanhaj.or.id/2231-petunjuk-rasulullah-shallallahu-alaihi-wa-sallam-ketika-makan-kurma.html

Hammad, Prof. Dr. Sa’id. 2011. Khasiat Kurma. Aqwamedika. Solo.

Leave a Reply