Menu Close

BENARKAH KURMA MUDA UNTUK HAMIL? (Bag.2)

By: Ummu Ajwa (Pegiat Kurma, Founder Komunitas Promil Kurma)

Nutrisi Kurma Muda
Nutrisi Kurma Kering

 

Nutrisi di Kurma untuk Kesuburan

Evi: Setelah mengetahui perbedaan kurma muda dan kurma kering, selain tinggi kadar glukosa, fruktosa, sukrosa, dan serat (total kandungan karbohidrat pada kurma mencapai 70-90%/100 gram kurma), kurma juga mengandung zat gizi lainnya, antara lain lemak sekitar 0,1-0,8 gram/100 gram kurma kering (untuk kurma muda, sebagian besar terdapat di dalam kulit kurma muda dan biji kurma), protein (protein rata2 2-5 gram/100 gram kurma kering), dan yang terpenting adalah kandungan asam amino yang berperan dalam metabolisme tubuh, termasuk pembentukan hormon.

Oh iya, sedikit menambahkan manfaat kandungan serat pada kurma yaitu dapat berperan dalam menurunkan kolesterol dan menurunkan risiko terjadi penyakit seperti diabetes (low-medium indeks glikemiks), hipertensi, kanker usus, serta penyakit kardiovaskuler.

 Nah, bicara tentang hormon, maka akan berkaitan dengan kehamilan alias kesuburan hehe. Kandungan gizi yang terdapat pada kurma bermanfaat untuk memperkuat otot rahim saat pra dan pasca melahirkan (pre dan postpartum) serta mencegah pendarahan. oleh karena itulah di dalam Q.S.Maryam, 19: 23-26, tersebut pohon kurma.

Beberapa hal terkait kandungan kurma (kebanyakan dirisetkan adalah tamr) yang berkaitan dengan kesuburan atau kehamilan antara lain:

  1. Kandungan Kalium, serta asam amino Glisin dan Threonin mengaktifkan hormon prolaktin yang berperan dalam produksi ASI. Di sisi lain, kandungan oksitosin dalam jumlah kecil juga terdapat dalam kurma yang dapat menghambat produksi ASI apabila dijadikan sebagai daily meal plan selama proses menyusui. sehingga jumlah konsumsinya juga bisalebih diperhatikan/diatur.
  2. Campuran antara kurma, susu, dan kayu manis dapat mengaktifkan gairah seks. Dalam studi yang dilakukan pada hewan (babi, dipilih karena memiliki susunan genetis yg hampir sama dgn manusia) terkait konsumsi kurma dapat meningkatkan jumlah sperma. Serta studi pada tikus, dapat meningkatkan kadar spermatogenesis melalui peningkatan konsentrasi testosteron, folikel hormon stimulasi, dan leutinizing hormon (LH) yang berperan pada kesuburan. Sehingga buah kurma dapat digunakan untuk mengatasi infertilitas pada laki-laki.
  3. Konsumsi kurma bagi Ibu hamil dapat meningkatkan dilatasi rahim sehingga mempermudah persalinan karena meningkatkan sensitifitas reseptor oksitosin yang berperan dalam kontraksi dan menurunkan risiko pendarahan pasca persalinan (postpartum hemorrhage).

7. Saya sudah sering sekali makan kurma muda tapi masih belum hamil?

Evi: Kalau untuk ikhtiar ini, cukup banyak faktor, sehingga tidak hanya konsumsi kurma muda saja yang perlu diperhatikan, tetapi juga hrus didukung dengan konsumsi zat gizi lainnya dan menerapkan pola hidup sehat, serta memohon doa pada Allah Subhanahu Ta’ala  tentunya hehe.

Oh iya, mungkin ini sedikit share tentang hal yg saya ketahui, mungkin perlu diatur periode konsepsinya disesuaikan dgn masa subur/siklus haidnya, karena berkaitan dengan produksi sel telur yang dihasilkan, yg setau saya kualitas sel telur yg baik biasanya pada H-2 minggu sebelum menstruasi.

 Ummu: Banyak faktor yang mendukung keberhasilan #promilkurma. Mereka yang sukses adalah yang secara total mengubah gaya hidup (spiritual, pola pikir, pola makan, olahraga, dll). Fakta ini saya dapatkan karena setiap dari mereka yang berhasil, saya tanyakan bagaimana prosesnya. Wallahu ‘alam.

– Spiritual: Meningkatkan ibadah sunnah, meninggalkan pekerjaan yang berunsur riba, dll (habluminnallah), bersabar atas omongan orang lain, selalu berkata baik, dll (habluminannas).

– Pola pikir: Saya membuat survey kecil dimana kebanyakan dari mereka yang belum memiliki keturunan adalah yang aktif di luar rumah/bekerja di luar rumah. Mungkin bukan karena pekerjaannya, melainkan efek psikologis pada pekerjaan yang mungkin saja mempengaruhi tingkat stres para ibu. Namun hipotesis saya ini perlu dibuktikan.

– Pola makan: Dimana kurma menjadi makanan utama, minuman atau jus, dan cemilan sehari-sehari. Mereka mengurangi makan-makanan dengan pengawet buatan, processed food (makanan cepat saji), bad carbs (karbohidrat tidak baik) seperti roti putih, kukis, kue, gorengan, dll.

– Olahraga: Beberapa dokter kandungan menyarankan untuk olahraga ringan dan rutin seperti bersepeda, jalan kaki, dan renang.

 

8. Kondisi saya masih terapi untuk post operasi kista, terapi tersebut bertujuan untuk menekan produksi hormon estrogen yang berebihan pada tubuh saya agar kista tidak tumbuh lagi, sementara itu dari yg saya baca konsumsi kurma terus menerus dapat merangsang hormon estrogen untuk pelepasan sel telur memang benar, namun pada kondisi seperti saya saat ini apakah terapi kurma dapat diterapkan? Atau bagaimana aturan konsumsi kurmanya?

Evi: Mengenai kista, saran saya lebih baiknya fokus pada pemulihan dahulu sehingga tidak ada kontradiksi dalam metabolisme tubuh. Baru setelah dokter menyatakan sembuh, program konsumsi kurma bisa dimulai lagi secara perlahan, sedikit demi sedikit. Dan jangan lupa untuk konsultasi dulu ke dokter apakah sudah diperbolehkan mengkonsumsi kurma setelah masa pemulihan sudah selesai.

 Ummu: Sejauh riset yang saya temukan, kurma dapat menstabilkan hormon wanita dan laki-laki. Jika dikaitkan dengan case pasca operasi kista, saya belum tahu. Saran saya, baiknya konsultasi ke dokter kandungan KFER (konsultan fertilitas endokrin reproduksi), perawat maternitas, bidan, dan ahli kesehatan lainnya.

 

 9. Dietnya bagaimana bagi orang yang mau promil pake kurma? Jika gak suka kurma tapi belum punya baby bagaimana?

Evi: Mengenai pertanyaan ini, ada studi yang menerapkan promil dengan konsumsi kurma sebanyak 70-75 gram/hari (mungkin sekitar  1 mangkok kecil, nanti bisa ditimbang supaya lebih akurat). Nah mengenai preferensi terhadap kurma, sebenarnya kurma hanya salah satu jenis buah yang memang whole package kandungan gizinya, jadi kalau kurang suka dengan kurma, bisa diganti dengan konsumsi buah atau sayuran lainnya seperti tauge, kacang hijau, dll.

 Ummu: Tanggapan saya sama seperti nomor 6  dan 7 ya 🙂

 

10. Apakah khasiat kurma untuk wanita selain untuk promil? Apakah dapat mencegah kanker rahim?

Evi: Sebagai informasi, kurma memiliki kandungan hydroxyl pope folic acid (sejenis asam folat) yg berperan dalam meningkatkan imunitas (Daya tahan tubuh) dan resistensi terhadap kanker.

 Ummu: Tambahan info. Riset Omar Oshurd dari Biotechnology Research Center, Libya dan John F. Kennedy dari University of Birmingham Inggris membuktikan konsumsi kurma dapat mencegah kanker. Percobaan menggunakan tikus uji yg diberi sel kanker sarkoma. Hasil riset menunjukkan persentase penghambatan sel kanker mencapai 95% dibanding tikus kontrol. Proses ini terjadi karena kurma meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sumber dari Trubus Kit. Vol 12.

 

11. Apakah tidak apa mengkonsumsi buah dengan susu, karena saya pernah membaca buku tentang mitos gizi, sebaiknya buah tidak dimakan bersamaan susu, jadi apakah baik apabila kurma, susu dikonsumsi secara bersamaan?

Evi: Konsumsi buah dengan susu memang perlu menjadi perhatian karena dikhawatirkan akan ada zat gizi pada buah yang kontradiktif dengan susu yg kaya akan protein. Untuk konsumsi susu dengan kurma, insya Allah bisa saling melengkapi zat gizinya karena kurma tinggi KH (sederhana dan kompleks) serta susu tinggi protein, sehingga keduanya bisa saling melengkapi. Lalu, saya ingin mengkonfirmasi, apakah di dalam buku tersebut disebutkan larangan konsumsi kurma dengan susu?

 Ummu: Saya repost jawaban Evi yang pernah ditanyakan di grup #promilkurma sebagai tambahan. Kenapa susu bisa dikonsumsi dengan kurma karena susu tinggi protein dan kurma tinggi (karbohidrat sederhana yaitu glukosa dan fruktosa, serta karbo kompleks yaitu serat), sehingga keduanya tidak akan saling menghambat proses metabolisme di dalam tubuh karena fungsi karbo adalah sumber energi dan protein adalah sebagai zat pembangun tubuh seperti pembentukan sel, jaringan, dan otot. Protein baru akan dijadikan sebagai sumber energi kalau cadangan karbo di dlm tubuh sudah habis. Sehingga kandungan di dalam susu dan kurma bisa saling melengkapi Memang tidak semua buah bisa dicampur dengan susu, karena ada beberapa zat yang bisa menghambat proses metabolisme.

 

 12. Ketika kandungan kurma dapat membantu dilatasi rahim ketika proses persalinan, apa tidak berbahaya untuk ibu hamil muda ya?

Evi: Mengenai hal ini, memang sebenarnya setiap konsumsi jenis makanan apapun, perlu diatur kuantitas atau jumlahnya agar tidak berlebihan. karena program promil ditujukan agar produksi estrogen meningkat sehingga meningkatkan kesuburan, serta mengaktifkan hormon prolaktin untuk produksi asi dan oksitosin untuk dilatasi rahim. Sehingga untuk ibu hamil muda yang memang masih dalam masa pembentukan sel-sel janin, konsumsi kurma bisa disubstitusi dengan konsumsi sumber gizi lainnya.

 Ummu: Menurut saya kembali lagi pada efek samping konsumsi kurma muda kepada masing-masing ibu hamil. Teman saya merasa agak mules seperti kontraksi palsu setelah makan kurma muda, maka ia menghentikan konsumsinya. Ada juga yang tidak merasakan ada efek apapun dan malah memberikan rasa senang (hormon endorfin) dan bugar. Untuk lebih dalam, silahkan konsultasi ke dokter kandungan.

 

13. Apa sebaiknya perlu dijelaskan silsilah kurma dan macamnya?

Evi: Untuk pertanyaan ini, karena spesies kurma cukup banyak dan saya tidak hafal (namanya biologi banget, heheh), nanti akan saya share di akhir sesi beserta sumbernya ya 🙂

 Ummu: Silsilah kurma apakah maksudnya sejarah kurma? Silahkan cek link berikut https://baitulmaqdis.com/mukjizat-islam/biologi/sejarah-pohon-kurma/. Jika ditanya macamnya, setahu saya hampir ribuan varian kurma di dunia. Setiap dikembangkan di negara yang berbeda, bibit kurma kadang dikawin silangkan sehingga menghasilkan varian baru. Kurma yang umum masuk di Indonesia berasal dari Uni Emirat Arab, Saudi Arabia, Mesir, Tunisia, Palestina, Israel, Libya, Amerika, dsb. InsyaaAllah kita bahas lain topik ya soal ini 🙂

Varietas Kurma di Arab Saudi

Bersambung…


Dilarang copy-paste tanpa izin atau tidak menyertakan sumber www.juragankorma.com. Jika ditemukan, maka akan kami tindaklanjut secara tegas. (JKI copyrighted)

 

Leave a Reply