Menu Close

BENARKAH KURMA MUDA UNTUK HAMIL? (Bag.3)

By: Ummu Ajwa (Pegiat Kurma, Founder Komunitas Promil Kurma)

Dokumentasi Juragan Korma, 2016

 14. Kira-kira sebaiknya konsumsi kurma kering atau kurma muda baiknya berapa biji? Untuk kebutuhan kita sehari?

Evi: Terkait  kebutuhan sehari, sebenarnya ada penghitungannya sendiri masing-masing orang, karena memang berbeda kebutuhannya sesuai dengan IMT (indeks massa tubuh) ideal. tapi mungkin secara umum, jumlah yang bisa dikonsumsi skitar 70-75 gram (semangkuk kecil).

Ummu: Sunnahnya dimakan ganjil 7 butir di pagi hari (sebagaimana penjelasan saya di nomor 5). Kecuali jika ada diabetes maka dianjurkan maksimal 5 butir sehari untuk konsumsi tamr (silahkan cek nomor 18). Sedangkan untuk promil, baiknya dikombinasikan antara kurma muda dengan tamr. Penjelasan detail bisa didapatkan melalui Admin Marketing Juragan Korma.

 

15. Saya sudah 7 bulan menikah, 1 bulan ini komsumsi antioksidan Ovacare, suami juga. Resep dari dokter, alhamdulillah hasil tes sperma dan USG normal, pijat syaraf pun juga normal. Tapi memang mobilitas kami bisa dikatakan lumayan tinggi, masih bolak-balik Karanganyar-Sragen. Kurang lebih 1-1.5 jam perjalanan. Solusinya bagaimana ya?

Evi: Kalau untuk pertanyaan ini, mungkin nanti dokter atau pakar lain yang bisa menjawab secara komprehensif yah, saya akan mencoba menjawab sesuai dengan hal yang saya ketahui saja, dan mohon koreksinya 🙂 Setahu saya, secara teori dan keilmuan (karena memang saya belum menikah, hehe), promil memang perlu diperhatikan dari keseluruhan aspek, tidak hanya asupan gizi saya. Faktor psikis juga perlu diperhatikan, jangan sampai fisik kelelahan sehingga akhirnya stres dan bisa mempengaruhi kualitas sperma dan sel ovum yang diproduksi. Mungkin ketika konsepsi, kuantitas sperma banyak, tetapi kualitas sperma yang bisa menembus sel telur di tuba falopi belum tentu kualitasnya baik, sehingga proses pembuahan tidak terjadi. Oleh karena itu, aspek konsumsi zat gizi, jaga kesehatan fisik dan psikis juga perlu diperhatikan 🙂

 Ummu: Tanggapan saya sama seperti nomor 7 ya 🙂

 

16. Saya sudah setahun 4 bulan menikah tapi belum ada momongan, sudah periksa alhamdulillah subur dan rahimnya baik. Apa yang sebaiknya saya konsumsi?

Evi: Jawabannya saya rasa hampir sama dengan nomor 15 yaa.  Untuk konsumsi, lengkapi saja sesuai dengan Pedoman Gizi Seimbang (PGS) yang sudah ada (bisa didownload di website Kemenkes). Untuk spesifik bahannya, mungkin bisa tauge, kacang hijau, atau sumber vitamin E lainnya.

 Ummu: Tanggapan saya sama seperti nomor 6  dan 7 ya 🙂

 

17. Yang memulai pakai kurma dulu itu siapa ya? Sampai saat ini jadi booming gini yaa. Jika pakai program ini berapa persen tercapai? Lalu untuk mengajak orang awam yang belum punya baby bagaimana caranya agar mau atau paham? Pasti dong pada tanya orangnya aahh masak sih pake kurma mana buktinya.

Evi: Mengenai hal ini, yang saya ketahui, belum ada riset khusus secara nasional ataupun global tentang cakupan keberhasilan #promilkurma. Yang ada hanya jurnal-jurnal ilmiah dengan sampel tertentu di negara tertentu sehingga memang sampelnya tidak luas, dan masih parsial, jadi memang kalau ingin menjelaskan ke orang-orang tentang #promilkurma mungkin bisa lebih tentang kandungan gizinya.

 Ummu: Pertanyaan menarik. Hal ini pernah saya bahas di grup #promilkurma. Kebetulan saya jurusan sosiologi, jadi ada istilah sociological medicine. Artinya, secara klinis belum teruji bahkan tidak diterima namun secara eksperimental atau kejadian di masyarakat banyak yang berhasil. Contohnya, dulu ada terapi listrik pakai rel kereta di Manggarai. Orang-orang pada tidur di rel untuk menghilangkan rematik, kesemutan, dll. Begitu juga kurma muda, di Indonesia pertama kalinya saya belum tahu siapa yang mempopulerkan, namun faktanya banyak sekali kisah sukses dan testimoni yang beredar sehingga word of mouth kurma muda begitu terkenal. Adapun pollen kurma/datepalm pollen (DPP) adalah obat tradisional yang dipercaya orang Mesir Kuno untuk kesuburan. Kalau browsing ada beberapa jurnal yang bahas DPP http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/2156587215609851. Intinya pollen kurma itu secara studi eksperimental banyaak banget berhasil untuk masalah kesuburan tapi uji klinisnya masih sedikit.

Saran saya, metode #promilkurma itu salah satu bentuk ikhtiar dan mungkin bisa menjadi alternatif bagi mereka yang mungkin ingin kembali ke sunnah (karena sesederhana mendekatkan diri kepada Allah disertai kebiasaan makan kurma, satu-satunya buah/makananan yang paling sering dikonsumsi Rasullullah). Mudah-mudahan meski belum ada penelitiannya, Allah mencatat ikhtiar kurma sebagai pahala karena membiasakan makan makanan sunnah. Wallahu ‘alam.

 

18. Bagaimana pengaturan konsumsi kurma jika ibu hamil itu penderita diabetes? Mengingat kurma memiliki indeks glikemik yang tinggi?

Evi: Berdasarkan jurnal yang saya dapatkan, IG pada kurma berada pada taraf low-medium sehingga mungkin kurma bisa tetap dikonsumsi, tetapi perlu dibatasi, dan zat gizi lainnya bisa dipenuhi melalui konsumsi makanan lainnya. Untuk kandungan GI pada buah kurma, bukan kurma kering (yang diawetkan dalam bentuk manisan kurma atau kurma dengan glukosa tambahan) yang banyak beredar di pasaran. Karena seperti yang sudah dibahas kemarin, kurma muda kandungan seratnya lebih banyak daripada kurma kering, dan serat inilah yg berperan dalam mengontrol kadar gula darah. Meski begitu, karena bumil tersebut sudah menderita diabetes, maka buah kurma bisa tetap dikonsumsi dengan memperhatikan asupan sumber glukosa/karbohidrat lainnya.

Buku yang saya punya IG pada kurma yang paling tinggi yakni 103. Sumber buku: Perisai Segala Penyakit oleh Li Partic, bagaimana?

Evi: Untuk pertanyaan ini, kurma kering/dates dried memang memiliki kadar IG tinggi (berdasarkan jurnal yg saya temukan, IG kurma kering skitar 103), sehingga memang konsumsinya juga perlu diatur per hari supaya asupan glukosa tidak berlebih setiap hari dengan memperhatikan asupan sumber karbo/glukosa kita lainnya seperti gula, minuman manis, dll. (Konsumsi masing-masing orang berbeda tiap harinya). Jadi intinya adalah, apapun yg kita konsumsi setiap hari, jangan sampai berlebihan karena tidak baik bagi kesehatan. Upayakan apa yang kita konsumsi bisa seimbang sesuai dengan PGS 🙂

Ummu: Sebagai tambahan, saya mengutip kalimat dari Kepala Divisi Metabolik dan Endokrinologi Departemen Penyakit Dalam Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), dr. Em Yunir SpPD, K-EMD yakni “Kurma boleh, tapi karena kadar gula sederhana (fruktosa dan dekstrosa) dikandungnya bisa membuat kadar gula darah melonjak, maka hanya disarankan makan kurma itu sehari hanya lima butir saja”. Sumber antaranews.com.

 

19. Saya pernah mengkonsumsi kurma muda, buah kurmanya berwarna hijau dan masih ada batangnya berwarna kuning, jika saya konsumsi langsung rasanya sepet, yang saya ingin tanyakan apakah boleh kurma muda itu dijus dan apakah setelah dijus wajib disaring ampasnya atau tidak?

Evi: Setahu saya, kurma muda yang bisa dikonsumsi dan rasanya manis itu yang kulitnya berwarna kuning, kalau hijau itu kurma mentah, dan menurut saya, ketika dijus, tidak perlu disaring supaya seratnya tidak berkurang, dan kalau saya prefer langsung dimakan saja tanpa di jus, lebih praktis hehehe.

Ummu: Bahasan kurma muda hijau ini penting sekali. Sebelumnya Juragan Korma menjual kurma muda hijau, namun saat ditelusuri lebih jauh, kami belum menemukan satupun riset dan bukti ilmiah yang menyimpulkan bahwa kurma muda hijau adalah kurma yang paling bagus untuk promil. Adapun sahabat saya yang berhasil hamil dari kurma hijau dikarenakan beberapa faktor (cek tanggapan nomor 7).

Kemarin saya mendapatkan kabar bahwa klien Juragan Korma berhasil #promilkurma dengan kurma muda hijau. Ia mengonsumsinya setiap pagi minimal 3 butir lalu dijus bersama madu agar lebih enak. Bi’idznillah, Allah mengkaruniakan janin berumur 7 minggu setelah menunggu selama 4 tahun. Adapun artikel yang saya dapatkan cara untuk mengonsumsi kurma dengan lezat bisa dicampur dengan susu, madu, dan kayu manis. Dimana ketiga makanan tersebut berperan sebagai afrosidiak yang merangsang produksi hormon seksual pria dan wanita. Sumber majalah Trubus Herbal dalam Wahyu & Bukti Riset tahun 2013.

 

Penutup         

Evi: Sebelum menutup sesi ini, ada beberapa hal yg perlu saya sampaikan:

  1. Perlu diingat bahwa kurma merupakan salah satu jenis makanan yang dapat dikonsumsi, baik untuk promil maupun untuk kesehatan. namun, jangan lupa untuk tetap mengkonsumsi gizi seimbang yah karena sama saja kalau hanya mengkonsumsi kurma tanpa diimbangi dengan zat gizi lain, maka akan sama saja, tubuh juga akan tetap kekurangan nutrisi. Jangan lupa juga untuk dikombinasikan dgn aktivitas fisik/olahraga dan pola hidup sehat lainnya.
  2. Untuk beberapa pertanyaan yg sudah diajukan dan mungkin diluar kompetensi saya, saya hanya bisa menjawab sesuai dgn yg saya ketahui, dan mungkin nanti akan difasilitasi oleh Juragan Korma bersama dengan pakar lainnya dalam sesi diskusi selanjutnya.

Semoga menjawab.

Untuk bergabung dengan Komunitas WAG #promilkurma (khusus untuk wanita) silahkan daftar secara gratis via WhatsApp (Sarah 0813-1893-1793). Juga follow instagram @juragan_korma untuk update info.

Mudah-mudahan notulensi ini bermanfaat bagi para bunda yang membutuhkan. Mohon maaf bila ada kekurangan. Semoga ikhtiar para bunda menjadi ibadah terbaik di sisi Allah dengan pahala yang tidak ternilai. Aamiin ya Rabb. Jazaakillah khoyron katsiran.

grup komunitas program hamil kurmaqu 2017
WA Grup Promil Kurma Juragan Korma

 

Salam, IG: @ummu.ajwa


Dilarang copy-paste tanpa izin atau tidak menyertakan sumber www.juragankorma.com. Jika ditemukan, maka akan kami tindaklanjut secara tegas. (JKI copyrighted)

Leave a Reply