Menu Close

Customer Service Excellence (1): Masak Bisnis yang Enak!

Customer Service Excellence

Kamu Masak “Yang Dia Sukai” atau “Yang Kamu Suka”?

Bayangkan kalo ada sohib/kerabatnya agan2 sekalian yang besok lulusan kuliah, atau baru aja disunat, atau ngadain syukuran di rumahnya untuk apapun event yang lagi happening tentang dia.
Trus agan seneng bikin Kue dan saat ini lagi bikin kue yang paling enak sebagai hadiah buat kerabat agan.

Kue favorit agan adalah rasa coklat, dan secara inisiatif agan langsung bikin itu kue rasa coklat secoklat2nya.. hmm pasti enak.. apalagi kalo agan bisa masak beneran (makanya ikutan cooking class besok bareng komunitas YakinPositif, hehe).

Trus agan bawa itu kue coklat secoklat2nya ke pesta syukuran kerabat agan. Jreng… di tampilin kuenya buat disajikan, coklat dan dressingnya udah gordon ramsay banget dah, tapi… tetott..  Agan LUPA kalo kerabat agan yang satu ini alergi banget sama yang namanya coklat – bahkan nyicipin kue yang agan bikinin pun ngga bisa.

Pastinya malu banget ya kita kalo kejadian kaya gini.. Nah kira2 apa yang salah? Mari kita coba interaktif untuk sesi sharing kali ini temen2 sekaliaan, let’s have a five minute quizz…

Jawab tiap nomer dengan YA atau TIDAK:
Harusnya agan melakukan rencana ini ngga pas lagi bikin kuenya?

  1. Rasa Coklat yang ente paling suka banget gan.
  2. Rasa favorit kerabat agan yakni, rasa keju campur vanilla.
  3. Daftar pantangan makanan yang ngga boleh dimakan sama kerabat agan.

Kunci jawabannya:
1: TIDAK ; 2: YA ; 3: YA

Nah kalo jawabannya sama kayak jawaban saya di atas, agan memang sohib sejati deh sama doi.! Ya jelas ini pesta syukurannya sohib agan, tentunya agan bakal ngasih dia sesuatu yang disuka dan tentunya “non-alergi” nya dia. Agan ngga bisa ngasi ke temen agan kue dengan hanya sebab: Kue tersebut adalah Favoritnya Agan.

Apa Hikmahnya?
Hal ini juga sama ketika kita berbisnis dengan pelanggan kita. Kita ngga bisa cuma mikirin apa yang mau atau suka kita kasih ke pelanggan kita. Kita harus mikirin juga gan tentang apa yang pelanggan kita SUKA dan yang menjadi HARAPAN dari diri kita. Selain itu kita juga harus mempersiapkan diri untuk memenuhi SUKA dan HARAPAN  dari pelanggan kita. Karena bisnis pada dasarnya adalah memenuhi Kebutuhan dan Harapan pelanggan.

Kebutuhan dan Harapan bisa macem2 bentuknya loh, mulai dari kualitas, pelayanan, rasa, favorit, dan yang paling ngga kalah penting dari kisah diatas dan tentunya kita harus miliki di bisnis kita sebagai Juragan Korma, adalah TRUST.

Jadilah orang yang bisa dipercaya, karena itu modal utama dalam bisnis apapun. Even temen2 terdekat kita pas awal2 kita jualan korma, mau beli ke kita karena PERCAYA sama kita bukan? Jadikan Customer Service Excellence sebagai value utama yang kita junjung tinggi.

OKEEE… Terus semangat dalam #membumikanKeberkahan ya agan2 sekalian!!
Wassalaamualaikum..

abu ajwa – Juragan Korma Indonesia

Leave a Reply