Menu Close

Fase perkembangan buah kurma, sudah tahu?

Fase-fase perkembangan buah kurma juragankorma.com

FASE PERKEMBANGAN BUAH KURMA dan PENAMAANNYA

Kurma Muda dibilang Ruthob, Kurma Ruthob dibilang kurma kering. Ini nih yg sering banget orang2 Indonesia salah sebut. Sudah pada tahu kah fase-fase perkembangan buah kurma dan apa penamaannya yang tepat? Mari kita simak penjelasan dari Juragan Korma Indonesia😊

1. Pas masih hijau kecil2 atau masih ada mayang nya. itu usia 0-45 hari bernama hababauk. Di Fase perkembangan buah kurma yang pertama ini sama sekali ngga enak untuk dikonsumsi, ngga ada rasanya bahkan.

2.  Kemudian, saat semakin besar dan berwarna hijau tua masuk fase kimri atau kurma mentah usia 75 hari. Rasanya pahit, digigit kress, tidak ada manisnya sama sekali.

3. Lalu masuk fase khalal atau kurma muda (saat ini baru bisa sebutannya kurma muda) usia 105 hari. Warnanya hijau kekuningan atau merah kehijauan.. rasanya pahit, agak seger, kress, ada manis sedikit.

4. Masuk lagi fase busr atau kurma tua usia 120 hari. Orang indonesia suka sebut jg ini kurma muda atau ruthob, padahal bukan! Kalau Warnanya merah biasanya jenis zaghloul, mozafati, ajwa. Kalau kuning biasanya jenis barhi, sukkary, atau shiwi. Ada juga yg pirang jenis samani. Rasanya lumayan manis, garing kress, ada sepet2 nya sedikit.

5. Baru deh pas udah setengah cokelat masuk fase partially ruthob atau setengah ruthob usia 135 hari. Biasanya udah mulai wajib panen biar nggak terlalu matang pohon. Kalau di Juragan Korma Indonesia kita ada KurmaQu Ruthob Mozafati..

6. Lalu di usia 150 hari, buah kurma benar-benar udah matang pohon yang biasa disebut kurma basah atau ruthob. Ini yaa baru namanya ruthob. Artinya ruthob itu mateng total. Paling enak mateng pohon. So, kalau lihat kurma warna kuning/merah/ijo itu bukan ruthob yaa. Rasulullah tidak menganjurkan kita makan kurma dlm fase itu. Tapi prioritas urutannya ruthob, kalau tidak ada ruthob maka tamr bisa dijadikan pilihan.

7. Yang paling terakhir, kurma tamr (kurma yg dikeringkan). Kurma biasa dikeringkan saat masuk fase busr atau ruthob, tergantung jenis dan prioritas dari si petaninya mau mengolah kurmanya menjadi spt apa. Biasanya yg menjadi pertimbangan dalam proses pengeringan adalah ketahanan kurma tersebut terhadap iklim dan kelembapan daerah pendistribusiannya. Kurma tamr inilah yg paling banyak masuk ke Indonesia. Kenapa? Karena tamr daya tahannya sangat lama. Salah satu contoh Tamr adalah KurmaQu Ajwa Madinah. Standarnya bisa awet 2-3 tahun stlh dikeringkan. Dimasukkan ke chiller/freezer bisa lebih lama lagi. Itulah mengapa di timur tengah kurma tamr menjadi komoditas pangan pokok yang dapat disimpan berbulan2. Kurma juga bisa jdi makanan cadangan alternatif nan sehat pengganti Indom** loh.😂

Nahh setelah membaca fase perkembangan buah kurma di atas, kita bisa membedakan yaa mana kurma muda, mana ruthob, dan mana tamr (kurma kering).😉

Ummu Ajwa
© Copyright of KurmaQu – Juragan Korma Indonesia.
(Dilarang copas tanpa menyantumkan sumber)

Leave a Reply