Menu Close

Kata “TIDAK” yang bisa bikin bisnis kamu makin untung!

Katakan tidak biar bisnis kamu untung

Saatnya Kamu bilang “NGGAK!” biar bisnis makin untung!
(Seri – Tips Jualan Laris!)

Sadar nggak, dalam dunia bisnis apalagi bisnis KurmaQu, kadang konsumen suka minta macem2 yang tidak bikin bisnis kita untung. Kadang minta diskon tambahan, minta dikirim langsung detik itu juga setelah ditransfer, minta ketemu di kuburan jam 12 malem, minta ini itu dari yg paling kecil sampe yang ngrepotin bahkan mustahil.😫

Saat permintaan2 dari customer atau rekan kita itu adalah permintaan yang ngga menguntungkan, itulah waktu yg tepat untuk agan bilang “NGGAK.”

Bukan berarti ketika kita mengatakan “NGGAK” itu harus dilakukan dengan kasar, tentunya harus kembali lagi ke konteksnya utk menguntungkan semua pihak. Bukan berarti harus pelit juga misal untuk hal2 yg remeh2 kecil nggak material.

Bayangkan kalo semua kita “IYA-in”! Mungkin pada saat itu agan bakal rugi secara uang, waktu sama keluarga jadi tersita, kualitas barang yg dikirim jadi tidak bagus, atau ya lama2 pelanggan bakal merasa “oh ini orang bisa gue mintain apa aja dan bakal dikasih ke gue”. Disitu lepas lah kendalinya seller yg harusnya bisa mengontrol flow negosiasi.

Tapi ketika kamu bisa bilang “NGGAK”, nantinya bukan hanya pelanggan bakal respect sama agan, pelanggan juga bakal lebih rela nantinya untuk menggelontorkan uangnya ke kamu gan!

Oleh karena itu:

  1. Katakan “NGGAK” ketika pelanggan minta layanan macem2 atau diskon berlebihan ke kamu yang ngga ada kewajiban untuk kamu melakukan itu. Bukannya bisnis untung yang ada malah rugi. Jual mahal dikit! Mirip kayak kencan pertama bareng istri lah kalo ketika kita jual mahal malah pasangan kita bakal ngejar2 kan. Kalaupun mau kasih extra servis/diskon, pastikan itu dari kita sebagai sellernya yang melangkah duluan, atau dikasi hadiah diskon kejutan. Dengan begitu efeknya akan lebih nendang loh.
  2. Jangan lupa! Follow-up kata “NGGAK” tadi dengan “ALASAN”-nya. Agan bisa sampaikan ketika customer meminta diskon lebih dengan kata-kata contoh sebagai berikut, “ya ini untungnya udah tipis kok, dan udah dimurahin buat kamu sist/gan.” “Memang segitu gan harganya utk dapet barang bagus dan dapet jaminan kualitasnya dari KurmaQu” Atau alasan apa saja yang bisa diungkapkan agar masuk akal ke konsumen bahwa dengan itu alasan itu nantinya bertujuan menguntungkan konsumen juga.
  3. Biasakan pakai jurus “NGGAK” ini dalam aktivitas negosiasi sehari2, bahkan diluar aktivitas bisnis kita sebagai Juragan KurmaQu. Untuk yg saat ini masih aktif di perusahaan/organisasi bisa sama rekan kerja nya ketika harus ngejar deadline yang “mission impossible” misalnya. Katakan “Nggak bisa dengan cara A-B-C ini, tapi mungkin kita bisa lakukan langkah X-Y-Z biar tetep capai tujuan kita.” Atau sama anak-anak kita yg ngerengek minta eskrim atau mainan, dengan alasan2 yg bisa dicerna masuk akal di anak itu dan tentunya tercapai goals kita.😉

Baiklah, itu sedikit sharing ilmu bisnis hari ini, mudah2an bisa kita praktekkan, dan bermanfaat utk kita semua yaa! Semoga Allah berkahi bisnis kita semua, amiin.

Agan Eric
KurmaQu – Juragan Korma Indonesia

Leave a Reply