Menu Close

Linearkan Sukses dan Kebajikan-mu

Allah Ta’ala berfirman:

مَّن ذَا الَّذِي يُقْرِضُ اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَاعِفَهُ لَهُ وَلَهُ أَجْرٌ كَرِيمٌ

“Siapakah yang mau meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, maka Allah akan melipat-gandakan (balasan) pinjaman itu untuknya, dan dia akan memperoleh pahala yang banyak.” (Q.S. Al Hadid 57: 11)

Sahabat sekalian, melihat ayat diatas (Al Hadid 57:11) tentunya membuat kita (terutama diri saya) lebih berefleksi lebih dalam. Membuat kita melihat ke belakang tentang semua hal yang telah kita lakukan. Melihat apakah semua yang telah kita usahakan di bisnis kita merupakan Qordhul Hasan (pinjaman yang baik) dari kita kepada Allah.

More Success =  More Contribution

Semakin sukses seseorang, harus bisa membawanya untuk melakukan kontribusi amal kebajikan lebih banyak lagi. Sudah sebaik apa kita memanfaatkan rezeki yang kita dapatkan selama ini, untuk keluarga, tetangga, orang terdekat, bahkan orang yang tidak kita kenal? Sudah seberapa besar dampak dari kontribusi yang telah kita lakukan selama ini? Kalaupun belum kita lakukan apakah sudah kita niatkan untuk melakukan hal tersebut nantinya?

Mendengar Rasulullah SAW menuturkan ayat tersebut (Al Hadid, 57 : 11), sahabat Abud Dahdah berkata “Wahai Rasulullah, apakah Allah menghendaki pinjaman dari kita?” Rasulullah Saw. menjawab, “Benar, yaa Abud Dahdah.” Abu Dahdah berkata, “Yaa Rasulullah, kemarikanlah tanganmu.” Maka Abud Dahdah menjabat tangan Rasulullah Saw., lalu berkata, “Sesungguhnya aku pinjamkan kepada Tuhanku kebun kurmaku.” Dia mempunyai kebun kurma berisikan enam ratus pohon kurma, dan Ummu Dahdah bertempat tinggal di dalam kebun itu bersama anak-anaknya. Lalu Abud Dahdah datang dan memanggil istrinya, “Yaa Ummu Dahdah.” Istrinya menjawab, “Labbaik.” Abud Dahdah berkata, “Keluarlah kamu, sesungguhnya kebun ini telah kupinjamkan kepada Rabb-ku.”

Menurut riwayat yang lain, saat itu juga Ummu Dahdah berkata kepada Abud Dahdah, “Beruntunglah bisnismu, hai Abud Dahdah,” lalu Ummu Dahdah memindahkan semua barang dan anak-anaknya dari kebun itu, sedangkan Rasulullah Saw. bersabda:

“كَمْ مِنْ عَذْق رَدَاح فِي الْجَنَّةِ لِأَبِي الدَّحْدَاحِ”
Betapa banyaknya pohon kurma yang berbuah subur di dalam surga milik Abu Dahdah.

Semoga Allah memberkahi bisnis kita dengan keuntungan yang banyak dan kemampuan untuk melakukan Qordhul Hasan.

 

Barokallahu Fikum
-Abu Ajwa-

Leave a Reply